Cara Google Ads menghitung skor pengoptimalan

Cara Google Ads menghitung skor pengoptimalan

Skor pengoptimalan dihitung secara real time, berdasarkan statistik, setelan, status akun dan kampanye Anda, dampak yang relevan dari rekomendasi yang tersedia, dan histori rekomendasi terakhir.

Skor pengoptimalan dan rekomendasi yang tersedia dapat berubah berdasarkan banyak faktor, mulai dari setelan Anda hingga tren di ekosistem iklan. Anda mungkin melihat skor yang berbeda dan kumpulan rekomendasi baru saat perubahan ini terjadi.

Fokus pada skor pengoptimalan

Skor pengoptimalan dan rekomendasi yang tersedia berfokus pada sasaran kampanye, yang didasarkan pada strategi bidding Anda. Untuk melihat fokus skor pengoptimalan, buka halaman Rekomendasi di akun Google Ads Anda.

Di bagian atas halaman, Anda akan melihat beberapa detail tentang skor pengoptimalan:

  1. Fokus pada skor pengoptimalan, yang dapat berupa konversi, pangsa tayangan, atau klik.
  2. Dasar fokus Anda - baik strategi bidding yang Anda tetapkan atau rekomendasi dari Google Ads.
  3. Ikon status berwarna: Tanda centang hijau Fitur Rekomendasi | Tanda centang hijau berarti Google Ads akan memahami strategi bidding Anda dan berfokus pada sasaran berdasarkan strategi bidding tersebut. Tanda tanya kuning Fitur Rekomendasi | Tanda tanya kuning berarti Google Ads tidak memahami strategi bidding dan fokus Anda didasarkan pada rekomendasi. Tanda minus merah Fitur Rekomendasi | Tanda error merah berarti skor pengoptimalan Anda ditetapkan secara default ke fokus konversi, yang dapat diubah dengan menetapkan strategi bidding baru.

Menggunakan rekomendasi

Skor pengoptimalan disertai dengan rekomendasi tentang cara meningkatkan performa kampanye Anda. Rekomendasi ini didasarkan pada histori performa, setelan kampanye, dan volume serta tren penelusuran Google.

Setiap rekomendasi disertai peningkatan skor, yang merupakan nilai dari <0,1% hingga 100%. Peningkatan skor mencerminkan estimasi dampak rekomendasi pada keseluruhan metrik kampanye, jika memungkinkan.

Jika semua skor rekomendasi individual dijumlahkan, total skor bisa saja berjumlah lebih dari 100. Hal ini karena beberapa rekomendasi yang Anda terapkan akan membatalkan beberapa rekomendasi lainnya.

Misalnya, saat berada di halaman Rekomendasi untuk akun Anda dan menerapkan rekomendasi yang memiliki peningkatan skor 5%, skor pengoptimalan akun Anda meningkat sebesar 5%. Akun Anda dapat mencapai skor pengoptimalan 100% dengan menerapkan atau menolak semua rekomendasi.

Menerapkan rekomendasi

Rekomendasi dapat membantu Anda memaksimalkan anggaran, dengan meningkatkan bid, kata kunci, dan iklan, yang dapat meningkatkan seluruh performa dan efisiensi kampanye Anda.

Untuk menerapkan rekomendasi, klik Lihat di rekomendasi yang ingin digunakan, lalu klik Terapkan. Untuk menerapkan semua rekomendasi dengan jenis tertentu, klik Terapkan semua di kartu rekomendasi.

Menolak rekomendasi

Anda dapat menolak rekomendasi jika tampak tidak relevan dengan kampanye iklan Anda. Untuk menolak rekomendasi, arahkan kursor ke sudut kanan atas rekomendasi, lalu klik X untuk menolak rekomendasi. 

Untuk menolak semua rekomendasi dengan jenis tertentu, klik ikon 3 titik 3 dot menu icon di kartu rekomendasi, lalu klik Tutup semua. Anda dapat melihat total skor yang diatribusikan ke rekomendasi yang ditolak. Rekomendasi yang ditolak dapat muncul kembali setelah jangka waktu tertentu jika nantinya menjadi relevan.

sumber referensi :

https://support.google.com/google-ads/answer/9061546?hl=id&ref_topic=10169910

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Membuat unit iklan Display

Platform yang cocok untuk Ngeblog